Permissive, Pola Asuh Anak Pecandu Rokok

Pola Asuh Anak Pecandu Rokok
Ardi Rizal, adalah seorang balita. Berbeda dengan balita pada umumnya, Ardi Rizal telah belajar merokok sejak usia 1,5 tahun. Kebiasaannya merokok itu berlanjut, hingga Ardi Rizal kecanduan. Bahkan ia  mampu menghabiskan 40 batang rokok dalam sehari. Kisah hidupnya sangat terkenal, sempat menjadi trend di You Tube dan majalah Times, sebagai The Smoking Baby.

Di blog Senyum Anak ini, saya tertarik untuk membahas, pola asuh seperti apa sih yang dilakukan oleh orang tua Ardi Rizal, sehingga ia menjadi bayi perokok?

Ardi Rizal, adalah anak dari ayah bernama Rizal, dan bunda bernama Diana. Menurut ayahnya, Ardi Rizal mulai merokok pada usia 1,5 tahun. Saat itu Ardi Rizal sedang sakit kepala, entah ilham dari mana, sang ayah justru memberikan rokok sebagai obat untuk mengobati sakit kepala Ardi Rizal. Kebiasaan inipun berlanjut. Ardi Rizal akan merasa pusing jika tidak merokok. Ia akan menangis dan sukar makan, sehingga orang tuanya membujuknya dengan memberikan rokok. Tidak hanya itu, Ardi Rizal pun sering sekali merokok bersama ayahnya.

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya di Seni dalam Pola Asuh Anak, ada 2 hal yang menentukan jenis pola asuh. Pertama adalah responsiveness, kedua adalah demanding. Rizal, ayah dari The Smoking Baby ini sangat responsif terhadap kebutuhan anaknya. Di luar benar atau salahnya, Rizal akan mengabulkan semua keinginan anaknya. Dan karena dari awal sang ayah mencontohkan dan mengajarkan merokok, maka keinginan dan kebutuhan Ardi Rizal pun terbentuk sebagai keinginan dan kebutuhan seorang perokok.

Di sisi lain, Rizal dan Diana tak menuntut apa-apa terhadap anaknya. Mereka tidak memiliki targetan tumbuh kembang dan pendidikan khusus untuk bayinya. Mereka juga tidak neko-neko bayinya harus sudah bisa ini, sudah bisa itu. Mereka membebaskan bayinya tumbuh dan ber kembang kemana angin berhembus. Dengan kata lain, mereka undemanding terhadap Ardi Rizal, anaknya.

pola asuh anak permisif
Dengan demikian, kita memiliki contoh pola asuh anak yang permissive. Di satu sisi, orang tua sangat memperhatikan keinginan dan kebutuhan anaknya, entah kebutuhan itu benar atau salah. Dan di sisi lain, orang tua membebaskan tumbuh kembang anaknya, tanpa memiliki targetan khusus terhadap tumbuh kembang anak tersebut. Sayangnya, ini contoh yang sangat buruk.. :(

NB:
Saya pertama tahu kisah Ardi Rizal ini dari film Sex, Lies & Cigarettes': Vanguard Sneak Peek. Film ini menceritakan tentang industri rokok yang menggurita di Indonesia. Silahkan klik judul film tersebut, saksikan, dan jadikan ini pelajaran untuk melindungi anak-anak kita dari bahaya rokok, industri pembunuh nomor 1 di dunia.