Otoriter, Pola Asuh Anak Agen CIA

Otoriter, Pola Asuh Anak Agen CIA
Saya pernah menonton film tentang perekrutan agen CIA. Film itu menceritakan tentang special agent yang direkrut semenjak mereka masih anak-anak. Anak-anak itu menempati sebuah gedung khusus rahasia. Disana mereka dididik secara khusus untuk menjadi agen-agen CIA yang cerdas, tangguh, dan patuh.

Anak-anak itu dididik untuk menjadi sangat patuh terhadap instrukturnya. Tak ada kesempatan untuk membantah. Apalagi melawan. Jika ada yang mencoba-coba mempertanyakan perintah instruktur, maka hukuman pun akan menantinya. Mungkin film ini adalah contoh ekstrim dari pola asuh otoriter (authoritarian). Apa itu pola asuh anak otoriter? Kita bahas yuk.

Seperti yang telah dijelaskan dalam tulisan saya sebelumnya di Seni dalam Pola Asuh Anak. Bahwa pola asuh anak merupakan kombinasi dari responsiveness dan demand. Responsiveness merupakan gambaran bagaimana orang tua merespon keinginan dan kebutuhan anak Jika orang tua sangat peduli terhadap anaknya, mau mendengarkan anaknya, memperhatikan apa saja yang menjadi kebutuhan anaknya, maka kita sebut orang tua itu sebagai orang tua yang responsive. Jika sebaliknya, maka orang tua itu tidak responsif (unresponsive).

Sedangkan demand adalah gambaran bagaimana orang tua mengontrol dan menuntut anaknya untuk melakukan apa yang diminta. Orang tua yang sangat ketat dalam mengontrol anaknya, sangat besar tuntutan terhadap anaknya, merupakan orang tua yang demanding. Sedangkan jika sebaliknya, maka orang tua tersebut undemanding.

pola asuh anak otoriter
Pola asuh anak otoriter adalah pola asuh anak yang di satu sisi sangat demanding, tapi di sisi lain sangat unresponsive. Orang tua mengontrol penuh setiap tindakan anaknya. Orang tua juga menuntut anaknya dengan bermacam-macam pencapaian dan peraturan. Tapi di sisi lain, orang tua itu seakan tak peduli dengan kebutuhan anaknya. Tidak mau mendengarkan anaknya. Dan merespon anaknya hanya jika membantu orang tua mencapai tujuan terhadap anaknya tersebut.

Contohnya? Seperti yang saya tulis di atas. Perekrutan special agent CIA semenjak masih anak-anak adalah salah 1 contoh ekstrim tentang pola asuh anak otoriter. Contoh yang tidak ekstrim? Mungkin seperti yang ayah bunda lakukan di rumah masing-masing, menuntut anak tanpa mau mendengarkan mereka.